Mengenai Saya

Foto saya
KABUPATEN TEGAL, JAWA TENGAH, Indonesia
WADAH GENERASI MUDA MERAIH PRESTASI OLAH RAGA CABANG SENI BELADIRI DAN MELESTARIKAN BUDAYA BANGSA SENDIRI

Minggu, 17 Juni 2012

PROGRAM PENSI PAK SUCI STURI


PROGRAM
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
SENI BELADIRI INDONESIA
SMP N 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL





PEMERINTAH KABUPATAN 
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA
UPTD SMP N 1 DUKUHTURI
TAHUN 2011 / 2012


PENDAHULUAN

Salam Pencak Silat dan Salam Olah Raga … !
Alhamdulillah, segala Puji bagi Allah SWT yang telah member Rahmat dan Hidayah-Nya kepada kita semua, mudah – mudahan segala gerak langkah kita mendapat Ridho disisi-Nya. Amien…
Dalam rangka mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olah raga khususnya di lingkungan peserta didik, maka kami dari Perguruan Seni Beladiri Pencak Silat Tapak Suci mengundang dan mengajak bapak / ibu / sdr kepala sekolah untuk menyertakan peserta didik bapak / ibu / sdr bergabung ke dalam Perguruan Seni Beladiri Pencak Silat Tapak Suci dengan harapan menjadi wadah pembinaan mental spiritual dan pembinaan jasmani yang sehat dan kuat.
Selain daripada itu, seiring dengan perkembangan pencak silat yang ada di Kota / Kabupaten Tegal khususnya di kalangan pelajar, pencak silat merupakan salah satu cabang olah raga yang selalu dipertandingkan dalam berbagai event seperti POPDA dan O2SN baik tingkat Kota / Kabupaten, Karesidenan, Propinsi maupun tingkat Nasional. Dengan demikian pencak silat dapat dijadikan penyalur bakat minat peserta didik untuk berprestasi selain prestasi akademik di sekolah.
Perguruan Seni Beladiri Pencak Silat Tapak Suci menitik beratkan pada pembinaan iman dan ahlaq yang mulia, sehingga peserta didik selain mendapatkan pendidikan dan latihan beladiri juga mendapatkan pendidikan Al Islam seperti halnya pelajaran di sekolah, sehingga peserta didik mampu diharapkan menjadi pribadi – pribadi yang sholeh dan taat beribadah.
Demikian sekilas tentang kata pendahuluan dari program kami. Hal – hal yang menyangkut tentang segala kegiatan, system dan pendidikan perguruan seni beladiri pencak silat Tapak Suci kami lampirkan dalam program ini berikut data – data yang dapat dijadikan bahan pertimbangan. Akhirul kalam kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamu’alaikum wr. Wb.

                                                                                    Dukuhturi, 1 Juli 2009
                                                                                    Pembina Ekstrakurikuler Pensil



                                                                                    Mohamad Tarjono, S.Pd
                                                                                    NIP. 19660831 199412 1 004







A.    NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini dinamakan Kegiatan ekstrakurikuler Seni Beladiri Pencak Silat Tapak Suci atau “ Eksen Bela Pensil Pak Suci “ .
Kegiatan Eksen Bela Pensil Pak Suci ini bisa termasuk bagian dalam pembinaan olah raga Prestasi cabang olah raga Pencak Silat yang ada di sekolah.

B.     WAKTU KEGIATAN
Waktu kegiatan dapat disesuaikan dengan program kegiatan yang ada di sekolah. Dalam satu minggu kegiatan latihan idealnya dua kali pertemuan sehingga dalam satu bulan kegiatan latihan mencapai delapan kali pertemuan. Kegiatan ini bisa dilakukan pada sore hari dan pada waktu libur sekolah sehingga tidak mengganggu proses belajar mengajar yang ada di sekolah.

C.     TEMPAT KEGIATAN
Tempat kegiatan latihan diselenggarakan di sekolah secara rutin, namun sewaktu – waktu diadakan latihan gabungan dengan cabang  / unit latih yang lain untuk tujuan silaturrohim dan tujuan lain bilamana diperlukan.

D.    STATUS KEGIATAN
Kegiatan ini termasuk salah satu kegiatan ekstrakurikuler  dengan sasaran peserta didik kelas VII, VIII, dan IX yang berminat.

E.     MAKSUD DAN TUJUAN
1.      Mendidik serta membina ketangkasan dan keterampilan Pencak Silat sebagai Beladiri Seni, Olah raga dan Budaya Bangsa Indonesia.
2.      Memelihara dan mengembangkan kemurnian Pencak Silat aliran Tapak Suci sebagai Budaya Bangsa yang luhur dan bermoral sesuai dan tidak menyimpang dari ajaran Islam serta bersih dari pengaruh syirik yang menyesatkan.
3.      Mendidik dan membina peserta didik untuk menjadi kader – kader pencak silat yang tangguh dan berahlaq mulia.
4.      Menggembirakan dan mengamalkan da’wah amar ma’ruf nahi mungkar dalam usaha mempertinggi ketahanan nasional.

F.      MATERI  PENDIDIKAN DAN PEMBINAAAN
1.      Pendidikan dan pembinaan Al – Islam
Pendidikan dan pembinaan ke-Islaman ini diberikan kepada peserta didik dalam bentuk lisan ( Ceramah ) dan tertulis serta praktek dalam setiap kali pertemuan di sela – sela latihan ataupun sebelum dan sesudah latihan fisik ilmu beladiri pencak silat.
Adapun bentuk materi yang diberikan meliputi :
a.       Ibadah ( do’a bersama sebelum dan sesudah latihan serta mengingatkan agar jangan meninggalkan sholat )
b.      Baca Tulis Al – Qur’an atau Taddarus Al – Qur’an
c.       Aqidah dan Mu’amalah ( Budi pekerti luhur / akhlaq mulia )
2.      Keorganisasian ( Sejarah Perguruan Seni Beladiri Pencak Silat Tapak Suci, Seluk Beluk tentang dunia Persilatan, Ladihan Dasar – dasar Kepemimpinan )
3.      Senam Kebugaran Tubuh
Senam ini diberikan untuk menunjang kesehatan, kekuatan, kelenturan dan stamina tubuh yang akan mempengaruhi dalam pembentukan ilmu beladiri pencak silat. Pada dasarnya senam yang diberikan sama seperti senam pada umumnya hanya saja ada beberapa hal yang dikhususkan dan ditekankan terutama yang berkaitan dengan pembentukan jurus – jurus beladiri pencak silat.
4.      Ilmu Beladiri Pencak Silat
Pada bidang ini diajarkan ilmu kanuragan beladiri pencak silat yang didalamnya terkandung segala macam bentuk jurus sesuai dengan tingkatannya masing – masing.

G.    EVALUASI DAN UJIAN KENAIKAN TINGKAT SISWA
Pendidikan dan latihan siswa ditempuh dari siswa tingkat dasar ( pemula ) sampai siswa tingkat Empat ( siswa akhir ).
Masing – masing jenjang tingkat dalam siswa perguruan seni beladiri pencak silat Tapak Suci ini diselesaikan dalam enam bulan. Oleh karena itu, perguruan seni beladiri pencak silat Tapak Suci dalam pendidikannya mengadakan evaluasi atau ujian kenaikan tingkat siswa setiap enam bulan sekali. Pembagian siswa menurut tanda tingkatnya adalah sebagai berikut :
a.       Siswa tingkat dasar           : sabuk kuning polos tanpa melati
b.      Siswa tingkat Satu                        : sabuk kuning melati coklat satu
c.       Siswa tingkat dua             : sabuk kuning melati coklat dua
d.      Siswa tingkat tiga             : sabuk kuning melati coklat tiga
e.       Siswa tingkat empat          : sabuk kuning melati coklat empat
Dengan demikian untuk menyelesaikan pendidikan siswa perguruan seni beladiri pencak silat Tapak Suci membutuhkan waktu kurang lebih 2, 5 tahun.

H.    TARGET KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
1.      Membentuk peserta didik yang taat beribadah dan bermental serta berkepribadian yang kuat
2.      Membentuk peserta didik yang sehat dan kuat secara jasmani
3.      Menghasilkan atlit – atlit pencak silat yang tangguh dan berprestasi di tingkat Kota / Kabupaten maupun luar Kota / Kabupaten.

I.       RENCANA ANGGARAN KEGIATAN
1.      Biaya pendaftaran siswa baru sebesar Rp. 5.000,00 ( lima ribu rupiah ) yang bersumber dari dana BOS.
2.      Infaq siswa setiap kali berangkat ditentukan bersama dengan siswa dengan tidak memberatkan siswa.
3.      Honor Pembina atau pelatih ditentukan pihak sekolah dengan kesepakatan bersama dan diterima setiap akhir bulan.
4.      Pengadaan seragam dan segala atribut oleh perguruan Tapak Suci.

PENUTUP
Dengan mengucapkan rasa syukur Alhamdulillah, akhirnya kami dapat menyelesaikan program ini, kami sadar dan akui bahwa dalam menyusun program ini masih jauh dari sempurna, namun tekad dan niat kamilah yang kuat untuk menjadikan program kegiatan ekstrakurikuler ini bisa bermanfaat khususnya bagi siswa peserta didik dan sekolah serta kami selaku Pembina / pelatih kegiatan ekstrakurikuler seni beladiri pencak silat Tapak Suci.
Semoga apa yang kami ajukan ini diterim dengan baik di sekolah bapak / ibu / sdr kepala sekolah agar menjadi salah satu wadah pembinaan dan penyaluran bakat dan prestasi peserta didik khususnya olah raga cabang pencak silat di masa yang akan datang.
Kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan kerjasama yang baik dari pihak sekolah dan apabila dalam penyajian program ini ada yang tidak berkenan di hati, kami mohon maaf yang sebesar – besarnya. Semoga segala apa yang kita perbuat ini termasuk dalam catatan amal baik di sisi Allah SWT, Amien.
                                                                                    Dukuhturi,    Juli 2011
Urusan Kesiswaaan                                                     Pembina Ekskul Pensil Pak Suci



Duladi, S.Pd                                                               Mohamad Tarjono, S.Pd
NIP. 19650615 199512 1 005                                                NIP. 19960831 199412 1 004

Mengetahui
Kepala Sekolah



Dra. Umiyar
NIP. 19560527 197703 2 003

1 komentar:

  1. dengan iman dan akhlak saya menjadi kuat. . .
    tanpa iman dan akhlak saya menjadilemah. . .

    BalasHapus